Analisis Tingkat Kepuasan Pelaku Usaha Dengan Pendekatan Fuzzy Logic terhadap Kualitas Pelayanan Perizinan secara Online Single Submission (OSS) pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesisir Barat

https://doi.org/10.23960/jasp.v5i2.74

Authors

  • Irma Indah Pertiwi Magister Ilmu Administrasi, FISIP, Universitas Lampung

Keywords:

analisa, fuzzy logic, online single submission, pelayanan

Abstract

Penelitian dengan pendekatan fuzzy  logic yang dianggap mampu memetakan suatu input dan output dengan tidak mengabaikan faktor-faktor yang ada. Sehingga dapat menujukan analisis tingkat kepuasan pelaku usaha terhadap kualitas pelayanan perizinan secara online. Penelitian ini dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Pesisir Barat Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan terhadap 40 orang responden, g responden, analisis tingkat kepuasan pelaku usaha terhadap kualitas pelayanan perizinan secara online single submission (oss) melalui pendekatan fuzzy logic dengan menggunakan metode Mamdani didapatkan hasil akhir dengan nilai output untuk kepuasan pelaku usaha sebesar 131,4 (dengan range 80-160) dengan presentase 63% yaitu cukup puas. Pendekatan ini juga menampilkan hasil samar untuk nilai akhir yang berada di area antara kualitas pelayanan cukup puas dan puas dengan presentase nilai sebesar 37%. Fuzzy logic mampu menampilkan area samar yang menunjukkan bahwa pelayanan perizinan online secara Online Single Submission yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Pesisir Barat berada ditingkat kualitas pelayanan cukup puas dan sisanya mengarah ke puas. Hal ini menunjukkan kualitas pelayanan perizinan online yang diberikan sudah baik. Dilihat dari dimensi kualitas jasa yang memiliki tingkat kepuasan paling tinggi yaitu dimensi realibilitas (kehandalan) dengan nilai domain sebesar 140,4 dan nilai dipaling rendah berada pada dimensi responsitivitas (daya tanggap) dengan nilai domain 130,8.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Simamora, H. (2012). Akuntansi Manajemen (cetakan ke tiga). Star Gate Publisher.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

www. bkpm.go.id

Yulmanita, V. (2010). Analisis Kepuasan Pelanggan atas Layanan Customer Service pada Galeri Indosat Semarang. Semarang: Diponegoro University (skripsi tidak diterbitkan).

Published

2021-12-31

How to Cite

1.
Pertiwi II. Analisis Tingkat Kepuasan Pelaku Usaha Dengan Pendekatan Fuzzy Logic terhadap Kualitas Pelayanan Perizinan secara Online Single Submission (OSS) pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesisir Barat. JASP [Internet]. 2021 Dec. 31 [cited 2025 Nov. 11];5(2):77-86. Available from: http://jasp.fisip.unila.ac.id/index.php/JASP/article/view/74