Personal Branding Arinal Djunaidi – Chusnunia Chalim dalam Menentukan Arah Kebijakan Pemerintah Provinsi Lampung
Keywords:
personal branding, pengambilan kebijakanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh melihat personal branding Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim dalam proses kepemimpinan dan menyusun kebijakan publik di Provinsi Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui personal branding yang diterapkan, strategi apa yang digunakan untuk mensukseskan visi-misi dan kebijakan apa yang diimplementasikan oleh Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim. Berdasarkan dari obyek dan metode analisis yang digunakan, maka penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melihat mengenai Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan/Kekhasan, Visibilitasi, Kesatuan, Keteguhan dan Nama Baik. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam proses menentukan arah kebijakan pemerintah dipengaruhi dengan personal branding dan komunikasi serta sinergiritas dengan semua pemangku kepentingan. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sudah menjalankan peranannya akan tetapi identifikasi masalah, komunikasi dan implementasi kebijakan perlu dioptimalkan serta dievaluasi secara rutin sehingga kebijakan yang diambil bisa sesuai dengan persoalan masyarakat.
Downloads
References
Nursal, A. (2004). Political Marketing, Strategi memenangkan Pemilu Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPR, DPD, Presiden. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya Pelajar.
Montoya, P. and Vandehey, T. (2008). The Brand Called You Create a Personal Brand That Wins Attention and Grows Your Business. New York: McGraw-Hill.

