Strategi Komunikasi Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional pada Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017
Keywords:
strategi komunikasi, Dewan Energi Nasional, rencana umum energi nasionalAbstract
Artikel ini berupaya memberikan gambaran bagaimana strategi komunikasi yang berjalan di Sekratariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) pada Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional. Artikel menggunakan paradigma kualitatif dengan melakukan teknik pengumpulan data dari wawancara terhadap key informants, penelaahan dokumen, dan analisa dengan strategi komunikasi. Hasil yang didapat menunjukkan strategi komunikasi Sekretariat Jenderal DEN pada Rencana Umum Energi Nasional sudah dilakukan, walaupun belum dijalankan dengan perencanaan yang sistematis. Penggunaan strategi komunikasi yang efektif diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan kehumasan Pemerintah. Penentuan komunikator kebijakan adalah Pimpinan DEN, Anggota DEN, Pejabat Tinggi Madya, dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Setjen DEN. Target yang akan disasar adalah Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan masyarakat yang merujuk, berpedoman pada Rencana Umum Energi Nasional, dan pelaksanaan pembangunan nasional bidang energi. Pesan yang disampaikan adalah seputar pengelolaan energi nasional, daerah, dan progres penyusunan Peraturan Daerah tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi. Media komunikasi yang digunakan adalah website dan media sosial DEN, dan Forum Kehumasan DEN. Efek yang diharapkan target sasaran dapat memahami, mendukung, dan melaksanakan Rencana Umum Energi Nasional.
Downloads
References
Buluamang, Y. M. O., & Handika, L. P. (2018). Strategi Komunikasi Pembangunan dalam Pengembangan Pariwisata. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(2), 89–101.
Cangara, H. (2018). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Grafindo Persada.
Indarto, M. J. (2018). Efektivitas Narasi Tunggal (p. Dipaparkan pada rapat narasi Kementerian ESDM Tunggal). Kementerian Kominfo.
Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, (2015).
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan di Lingkungan Instansi Pemerintah, (2011).
Pangesti, L. A. (2018). Strategi Komunikasi Divisi Public Relations PLN Distribusi Jawa Barat dalam Sosialisasi Listrik Tepat Sasaran. Jurnal Komunikasi, XII(01), 31–39.
Peraturan Pemerintah No 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, (2014).
PR Indonesia. (2020a). 8 Cara Agar Konten Disukai Warganet. Instagram @pr_indonesia. https://www.instagram.com/p/CFrfqsFgV2k/ 16
PR Indonesia. (2020b). Instagram, Media Sosial Paling Digemari. Instagram Pr_indonesia. https://www.instagram.com/p/CB5OlLvg0JX/
Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Dewan Energi Nasional dan Tata Cara Penyaraingan Dewan Energi Nasional, Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Dewan Energi Nasional dan Tata Cara Penyaraingan Dewan Energi Nasional (2008).
Peraturan Presiden Nomor 41 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Penetapan dan Penanggulangan Krisis Energi dan/atau Darurat Energi, (2016).
Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 Tentang Rencana Umum Energi Nasional, Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 Tetntang Rencana Umum Energi Nasional (2017).
Pricahyadi, M., & Ramadani, T. (2019). Strategi Komunikasi Kebijakan pemerintah Provinsi DKI Jakarta Pada Peraturan Gubernur Nomor 110 Tahun 2018. Jurnal Ilmu Administrasi ( JIA ), XVI(1), 112–126.
Rahman, A., & Sjoraida, D. F. (2017). Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Subang Menyosialisasikan Gerakan Pembangunan Untuk Rakyat Infrastruktur Berkelanjutan. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(2), 136–146. https://doi.org/10.24198/jkk.v5i2.8443
Ramadani, T. (2019). Peran Tagar #EnergiBerkeadilan pada Media Sosial Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Jurnal Administrasi Negara, 25(3), 194–210.
Rodiah, S., & Yusup, P. M. (2018). Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Desa Agro Wisata di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Signal Unswagati Cirebon, 6(2), 1–13.
Standard Operating Procedure (SOP) Nomor 132/04/SJKS-Humas/2019 Tentang Peliputan Berita untuk Website Dewan Energi Nasional, (2019).
Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Prenadamedia Group.
Undang-Undang No 30 Tahun 2007 tentang Energi, (2007).
Widodo, A., & Permatasari, D. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Bekasi dalam Program Bekasi Smart City. ETTISAL: Journal of Communication, 5(1), 79–89. https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i1.3454
Zubair, F., Dewi, R., & Kadarisman, A. (2018). Strategi Komunikasi Publik dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa terhadap Penerapan PTNBH. Profetik Jurnal Komunikasi, 11(2), 74–84.

