Strategi Kampanye Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017

https://doi.org/10.23960/jasp.v6i2.91

Authors

  • Zulfi Mulyansyah Hartanajaya bDepartemen Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran
  • Yusa Djuyandi Universitas Padjajaran

Keywords:

Pilgub DKI Jakarta 2017, Anies-Sandi, strategi kampanye

Abstract

Pilgub DKI Jakarta 2017 dimenangkan oleh Anies-Sandi, pasangan tersebut mampu mengalahkan Ahok-Djarot sebagai petahana menarik dikaji dari strategi kampanye karena setiap kandidat memiliki strategi kampanye yang berbeda untuk mendapatkan suara pemilihnya. Penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi kampanye Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk memenangkan Pilgub DKI Jakarta 2017. Peneliti menggunakan teori J.B O’Day untuk menjelaskan langkah-langkah pasangan Anies-Sandi dalam melakukan strategi kampanye, tentunya sebelum melakukan kampanye diperlukan perencanaan terlebih dahulu agar kampanye dapat tepat sasaran. Dalam penelitian peneliti menggunakan metode kualitatif dengan tujuan peneliti akan mengeksplorasi lebih dalam terkait strategi, proses, serta aktivitas-aktivitas yang telah dilalui oleh tim pemenangan Anies-Sandi sehingga mampu memenangkan kontestasi politik. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti, yaitu wawancara dan studi pustaka dengan mencari data mengenai Pilgub DKI Jakarta 2017. Hasil dari penelitian ini adalah tim pemenangan Anies-Sandi melakukan langkah-langkah yang dijelaskan dalam teori J.B O’Day. Hal pertama yang dilakukan oleh tim pemenangan adalah menganalisis peraturan KPU, melakukan survei karakteristik wilayah dan karakteristik pemilih, melakukan analisis SWOT terhadap pasangan calon yang mengikuti kontestasi politik tersebut, dan survei elektabilitas pasangan Anies-Sandi. Kedua, tim pemenangan menggunakan data yang sudah dianalisis tersebut untuk menentukan tujuan dari kampanye pasangan Anies-Sandi. Ketiga, tim pemenangan menentukan target pemilih yang dibagi kedalam beberapa kelompok. Keempat, tim pemenangan dan relawan membuat pesan kampanye yang bersifat singkat, padat, dan jelas. Kelima, Kedalam membangun hubungan dengan pemilih tim pemenangan menggunakan push, pull, dan pass marketing. Keenam, pada pelaksanaan kampanye tim pemenangan memanfaatkan figur kandidat dan relawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariantama, Y. (2014). Dampak Human Relation Pimpinan dalam Meningkatkan Semangat Kerja Pegawai Disduk Capil Kabupaten Pesawaran. Bandar Lampung: Universitas Muhammadiyah Lampung.

Arief, B. (2017, April 20). Hasil Akhir Real Count KPU: Ahok-Djarot 42,05%, Anies-Sandi 57,95%. Dari: Detik.com: https://news.detik.com/berita/d-3480120/hasil-akhir-real-count-kpu-ahok-djarot-4205-anies-sandi-5795

Arifin, A. (2003). Komunikasi Politik: Paradigma-Teori-Tujuan-Strategi dan Komunikasi. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, A. (2011). Komunikasi Politik: Filsafat-Paradigma-Teori-Tujuan-Strategi dan Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Astri, N. (2015). Marketing Politik Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono Pada Pemilihan Presiden 2009 di Kota Surabaya. Surabaya: Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Cangara, H. (2016). Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Strategi. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Damayanti, N., & Hamzah, R. E. (2017, Desember 2). Strategi Kampanye Politik Pasangan Jokowi-JK Pada Pemilihan Presiden 2014. WACANA, 16 No. 2, 279-290.

Hasan, M. K. (2017). Strategi Kampanye Pada Pemilihan Kepala Daerah: Studi Kasus Strategi Kampanye Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno Pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017. Depok: Universitas Indonesia.

Held, D. (2006). Model of Democracy. Stanford: Stanford University Press.

Huntington, S. P. (1997). Gelombang Demokrasi Ketiga. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Larson, C. U. (1992). Persuasion: Reception and Responsibility. California: Wadworth Publishing Company.

O'day, J. B. (2003). Political Campaign Planning Manual: A Step by Step Guide to Wining Elections. Moscow: National Democratic Institute for International Affairs.

Olson, T., & Nelson, T. (2010). The Internet's Impact on Political Parties and Campaign.

Patterson, S. C. (1982). Campaign Spending in Contest for Governor. Utah: The Western Political Quarterly University of Utah.

Prihatmoko, J. J. (2005). Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rakhmasari, D. (2015). Kampanye Politik di Media sosial Dikalangan Pemilih Pemula dan Implikasinya dalam Ketahanan Politik Wilayah DKI Jakarta (Studi Kasus Kemenangan Jokowi dalan Pilkada DKI Jakarta Tahun 2012). Jakarta: Tesis Fakultas Pasca Sarjana UI Program Kajian Stratejik Ketahanan Nasional.

Ramadhani, J. (2017, Maret 4). KPU Tetapkan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi Maju Putaran Dua Pilkada. Dari: Detik.com: https://news.detik.com/berita/d-3438375/kpu-tetapkan-ahok-djarot-dan-anies-sandi-maju-putaran-dua-pilkada

Tribun News. (2017, Januari 25). Gelar Rembug Reboan, Tim Sukses Anies Sandi Tak Lagi Kerja Maisng-masing. Dari: TribunNews: https://www.tribunnews.com/metropolitan/2017/01/25/gelar-rembuk-reboan-tim-sukses-anies-sandi-tak-lagi-kerja-masing-masing

Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media.

Published

2022-11-21

How to Cite

1.
Hartanajaya ZM, Djuyandi Y. Strategi Kampanye Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017. JASP [Internet]. 2022 Nov. 21 [cited 2025 Sep. 26];6(2):111-22. Available from: http://jasp.fisip.unila.ac.id/index.php/JASP/article/view/91