Pengukuran Kualitas Layanan Informasi Website Berbasis Digital

https://doi.org/10.23960/jasp.v6i2.94

Authors

  • Suwandi Suwandi Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Selvi Meilinda Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Keywords:

kepuasan pengguna, kualitas layanan, kualitas sistem, pemenuhan kebutuhan informasi

Abstract

Website ipdn.ac.id merupakan bentuk pelayanan pemenuhan kebutuhan informasi bagi satuan praja ataupun non praja untuk mengetahui berbagai informasi seputar kegiatan dan aktivitas Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) baik berupa profil kampus, berita kampus, seleksi penerimaan calon praja (SPCP) maupun hal-hal lainnya.

Lokasi penelitian ini yaitu IPDN Jatinangor yang dilaksanakan pada 29-31 Oktober 2022 yang dilakukan pada satuan praja pratama (tingkat 1) menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan media pengumpulan data yaitu survei melalui Google From yang disebar kepada seluruh responden. Pemilihan sampel penilitian dengan menggunakan teknik Systematic Random Sampling dengan 1 sampel mewakili 10 populasi. Metode analisa pada penilitian ini yaitu menggunakan bantuan Tools SmartPLS 3.0.

Temuan penelitian yaitu dari 7 hipotesis yang penulis ajukan, terdapat 2 hipotesis yang diterima dan 5 ditolak. 2 hipotesis yang diterima yaitu H3 variabel KS secara langsung berpengaruh terhadap KP dan H5 variabel KP berpengaruh terhadap PKI pada website ipdn.ac.id. sedangkan 5 variabel yang ditolak yaitu H1 variabel KS tidak berpengaruh terhadap variabel PKI, H2 variabel KL tidak berpengaruh terhadap PKI, H4 variabel KL tidak berpengaruh terhadap variabel KP, H6 variabel KS tidak berpengaruh terhadap PKI yang dimediasi oleh variabel KP dan variabel mediasi KP gagal sebagai variabel mediasi, dan terakhir H7 variabel KL tidak berpengaruh terhadap PKI yang dimediasi oleh KP dan variabel mediasi KP gagal sebagai variabel mediasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CNBCIndonesia.com, “ Data Terbaru Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022”, 9 Juni 2022, https://www.google.com/amp/s/www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022/amp , diakses 2=1 September 2022

Databoks.katadata.co.id, “ ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022, 23 Maret 2022”, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022 , diakses tanggal 1 September 2022

Duryadi. (2021). Buku Ajar Metode Penelitian ilmiah. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik Bekerja sama dengan Universitas Sains & Teknologi Komputer (Universitas STEKOM)

Harahap, L. K. (2018). .Analisis SEM (Structural Equation Modelling) Dengan SMARTPLS (Partial Least Square)'. Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Walisongo Semarang, 1, 1. Diakses 3 September 2022

Hidayatullah, R. (2016). 'Pembuatan Desain Website Sebagai Penunjang Company Profile CV. Hensindo'. 11–25. http://sir.stikom.edu/id/eprint/2329/5/BAB_III.pdf diakses tanggal 1 September 2022

Ibrahim, A. R. (2022). 'EFEKTIVITAS APLIKASI SIGERTAK+ SEBAGAI MEDIA PENYUSUNAN KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN' (p. 51). diakses tanggal 1 September 2022

Ruhamah, W. W. W. & N. A. (2018). 'Pengaruh Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem KRS-Online Universitas AMIKOM Yogyakarta Dengan Kualitas Informasi Dan Kegunaan Sebagai Mediating Variabel'. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, ANGKASA, X, Nomor 2, 162. diakses tanggal 2 September 2022

Salsabil, Z., & Arfa, M. (2019). 'Efektifitas Website Femaledaily.com dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna'. Jurnal Ilmu Perpustakaan - Universitas Diponegoro, 8(2), 199–210. diakses tanggal 1 September 2022

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). 'Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon'. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088 diakses tanggal 1 September 2022

Published

2022-11-21

How to Cite

1.
Suwandi S, Meilinda S. Pengukuran Kualitas Layanan Informasi Website Berbasis Digital. JASP [Internet]. 2022 Nov. 21 [cited 2025 Nov. 11];6(2):87-96. Available from: http://jasp.fisip.unila.ac.id/index.php/JASP/article/view/94